Tiga Persimpangan di Kabupaten Aceh Barat Daya Sedang Dipasang Traffit Light
Ditulis oleh , pada Minggu, 07 September 2014

BLANGPIDIE-Tiga persimpangan yang selama ini sering macet saat jam sibuk terutama pada pagi hari di Kabupaten Aceh Barat Daya sedang dipasang lampu pengatur lalulintas (traffic light). Ketiga persimpangan itu adalah Simpang Cerana, Simpang Bank Aceh dan Simpang Kantor Bupati Gampong Keude Keude Paya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Barat Daya Azhar,ST menjelaskan, pemasangan traffit light atau pemasangan alat pengatur instrumen lalu lintas (Apill) atau yang lebih dikenal masyarakat pemasangan lampu merah sedang dilakukan di tiga tempat di Kota Blangpidie.

Pemasangan pertama di bundaran Cerana Apill untuk simpang tiga Jalan Sentral, Jalan Rawa Sakti. Kedua Bundaran Bank Aceh Apill untuk Simpang tiga Jalan Selamat dan Jalan Pendidikan. dan ke tiga Jalan Bukit Hijau/ Komplek Perkantoran kedai Paya Apill untuk simpang empat, Jalan Nasional Blangpidie, Tapaktuan, Jalan Sangkalan dan jalan Bukit Hijau.

lebih lanjut diterangkan, soal pengaturan waktu Apill masih di bicarakan dengan pihak Polres Aceh Barat Daya. Sebab pengamatan sekarang volume kenderaan pada tiga lokasi hanya jam-jam tertentu yang sibuk sehingga waktu yang diatur untuk traffic ligth hanya beberapa jam kemudian bisa difungsikan untuk warning ligth

Lebih lanjut Azhar menjelaskan, pemasangan traffit Light di tiga persimpangan itu bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan maupun kecelakaan yang kerap menimpa pengguna jalan, seperti yang sering terjadi di persimpangan kantor bupati hingga memakan korban.

Untuk saat ini pihak kontraktor yang ditunjuk oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan telematika Aceh sedang melakukan penggalian pondasi traffit light di tiga lokasi tersebut. Diharapkan pada akhir bulan ini sudah selesai dikerjakan dan bisa diaktifkan pada awal Oktober mendatang.

Pembangunan traffit light di Kabupaten Aceh Barat Daya bersumber dari anggaran APBA tahun 2014 ini. Selain traffit light Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Telematika Aceh juga membangun empat tiang Warning Light di kabupaten Aceh Barat Daya. keempat tiang yang sudah dipasang adalah di Simpang Meunasah Sukon Kecamatan lembah Sabil dua titik dan lokasi  Kecamatan Mmanggeng- Lembah Sabil dua titik.

Ditambahkan, pihak dinas Perhubungan Kominfo Aceh Barat Daya saat ini sedang mengupayakan pengusulan penambahan enam tiang warning light ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Telematika Aceh  untuk dipasang di Simpang Pasar Buah Blangpidie Jalan kesehatan dan di Simpang Empat Pasar Kota Bahagia Kecamatan Kuala Batee."Kita sedang usulkan enam penambahan warning light ke provinsi,"kata Azhar.(Asa)


Category: Umum

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32