Raskin Gratis Mulai Disalurkan
Ditulis oleh syafrul, pada Kamis, 05 Maret 2015

Raskin Gratis Mulai Disalurkan
BLANGPDIE-Pemerintah Aceh Barat Daya mulai menyalurkan beras miskin (raskin) untuk bulan Januari dan Februari 2015  kepada 12.578 rumah tangga sasaran (RTS) yang tersebar di sembilan kecamatan. Jumlah beras yang disalurkan mencapai 188,8 ton akan dimulai Kamis (5/3) di Kecamatan Manggeng.

Mulai tahun 2015 ini warga miskin yang termasuk dalam RTS akan menerima raskin gratis. Hal ini bisa dilakukan karena Pemerintah Aceh Barat Daya di bawah kepemimpinan Ir Jufri Hasanuddin,MM telah memprogramkan raskin gratsi yang anggaran dibebankan pada APBK tahun ini.

Sekdakab Aceh Barat Daya Drs Ramli Bahar menjelaskan, raskin siap disalurkan kepada warga miskin sesuai dengan surat Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI dan Keputusan Bupati Aceh Barat Daya,  bahwa pagu raskin Aceh Barat Daya tahun 2015 sama dengan tahun 2014 lalu berjumlah 188,8 ton.

Untuk tahun 2015 ini penerima raskin di Aceh Barat Daya langsung menerima raskin tanpa harus menebus seperti tahun sebelumnya karena pemerintah sudah mengratiskan raskin."Pemkab Aceh Barat Daya yang menebus raskin ke Bulog," terangnya.

Beras raskin gratis mulai berlaku dari bulan Januari hingga Desember 2015.  Anggaran untuk beras raskin gratis bersumber dari APBK tahun 2015 dengan anggaran Rp 302 juta perbulan.

Pemerintah Aceh Barat Daya akan menebus raskin gratis kepada Bulog selama 12 bulan, artinya selama itu juga masyarakat raskin tidak lagi dikutip uang sehingga masyarakat langsung menerima beras tanpa bayar.

Kepala Subdivre Perum Bulog Blangpidie M. Basir menjelaskan,  pihaknya akan menyalurkan raskin bulan Januari dan Februari kepada keluarga miskin di sembilan kecamatan pada Kamis (5/3)."Kita mulai penyaluran di Kecamatan Manggeng," terangnya.

Penyaluran raskin untuk dua bulan ini sesuai dengan permohonan alokasi raskin bulan Januari dan Februari 2015 yang diajukan Bupati Aceh Barat Daya yang ditandatangani oleh Sekda Ramli Bahar.

Dalam surat tertanggal 27 Februari, jumlah RTS mencapai 12,587 terdiri dari Kecamatan Lembah Sabil (955), Manggeng (1.297) Tangan-Tangan (1.648) Setia (747) Blangpidie (925), Jumpa  (1.589), Susoh (1.260), Kuala Batee (1.934), Kecamatan Babahrot (2.232)."Setiap RTS diberikan 15 kg.

Basir menambahkan, hasil kesepakatan dengan pihak pemkab Aceh Barat Daya dalam hal ini camat bahwa distribusi beras Bulog dari gudang di Susoh ke titik distribusi di sembilan kecamatan, sementara penyaluran ke pihak RTS dilakukan oleh pihak keuchik." Biasanya titik distribusi di setiap kantor camat," terangnya.(Asa)


Category: Pertanian dan Peternakan

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32