Ribuan Warga Aceh Barat Daya Larut dalam Zikir Bersama Tgk Samunzir
Ditulis oleh syafrul, pada Senin, 16 Maret 2015

Ribuan Warga Aceh Barat Daya Larut dalam Zikir Bersama Tgk Samunzir
BLANGPIDIE-Pemerintah Aceh Barat Daya menggelar zikir akbar, shalawat nabi dan tausiyah dalam rangka memperingati Maulid akbar Nabi Muhammad SAW Tahun 2015 tingkat kabupaten di halaman kantor bupati setempat. Acara yang berlangsung pada Minggu (15/3) malam dipimpin langsung Ketua Majelis Zikrullah Aceh Tgk Samunzir Bin Husein yang dihadiri oleh ribuan warga yang berpaian putih-putih.

Zikir akbar, shalawat nabi dan tausiyah bersama Tgk Samunzir yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Aceh Barat Daya diikuti ribuan jamaah zikir baik dari jamaah Majelis Zikrullah Aceh, pejabat Aceh barat Daya, PNS, maupun dari warga Aceh Barat Daya. Acara yang dipusatkan di halaman kantor bupati juga dihadiri oleh jamaah zikir dari Aceh Selatan, Aceh Barat dan kabupaten lain di Aceh.

Bupati Aceh Barat Daya Ir Jufri Hasanuddin, MM dalam sambutannya mengatakan, acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW mulai dari padi hingga malamnya jangan hanya seremoni saja tetapi harus ada capain yang diperoleh dari hari bulan dan tahun sehingga acara begini rupa tidak mubazir."Jangan megah dan senang saja tetapi harus dibalut dengan aqidah dan itulah yang harus kita capai," harapnya.

Jufri mengaku, sangat senang dengan lahirnya tokoh muda Islam di Aceh ini. Kehadiran Syaikh Muda Tuanku Tgk Samunzir Bin Husen yang mencoba menampilkan sesuatu berupa zikir dan tausiyahnya membawa warna baru dalam peradaban Islam di Aceh ini. "Kita harapkan marwah indatu kembali berjaya di Aceh saat ini,"tuturnya.

Mantan anggota DPR Aceh itu juga menyebutkan, zikir merupakan budaya Aceh yang pernah berjaya dimasanya. Sebab dengan zikir masyarakat Aceh bisa mengalahkan penjajah dimasa dulu.

Bupati Aceh Barat Daya juga menyebutkan, pada tahun 2016 mendatang pemerintah daerah akan memprogamkan pelaksanaan zikir setiap tiga bulan sekali. "Saya sudah bicarakan dengan sekda agar tahun depan acara serupa ini bisa kita laksanakan tiap tiga bulan sekali," janji Jufri yang mencapat sambutan Alhamdulillah  dari peserta zikir.
 
Pimpinan Majelis Zikrullah Aceh, Tgk Samunzir dalam tausiahnya menyebutkan, bahwa untuk menenangkan jiwa haruslah melalui zikir, sekaligus untuk mengembalikan marwah Aceh ke syarait Islam. Zikir mampu melunakkan hati yang keras dan bisa melahirkan pemikiran yang arif dan bijak sana sesuai dengan tuntutan syariat yang berpedoman kepada al quran dan hadis.

Bukan saja itu, dengan zikir lanjut TGK Samunzir, kita bisa mempersatukan Aceh dan juga bisa mengembalikan kejayaan Aceh seperti masa kerajaan Iskandar Muda berkuasa. Malah dengan zikir Aceh akan lebih berjaya dari zaman Sultan Iskandar Muda. Untuk itu diharapkan masyarakat Aceh Barat Daya terus menggemakan zikir disetiap mesjid dan pengajian-pengajian.

Dipanggung utama terlihat Tgk Samunzir bersama 30 jamaah Zikirullah Aceh yang didampingi Bupati Aceh Barat Daya Ir Jufri Hasanuddin, MM, Ketua DPRK Aceh Barat Daya Zulkifli Isa, Dandim 0110 Aceh Barat Daya Letkol Inf Suhartono, Kapolres Aceh Barat Daya AKBP Budi Samekto, SIK, Kajari Blangpidie Umar, SH, dan Ketua Isyafuddin Aceh Barat Daya Tgk Kamaluddin.(Asa)


Category: Agama

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32