HUT NKRI 72: KARNAVAL ABDYA BELANGSUNG MERIAH
Ditulis oleh Zecky, pada Sabtu, 12 Agustus 2017

Blangpidie: Ribuan siswa TK, SD, SMP, hingga SMA mengikuti karnaval dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesian yang ke 72 di Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu, 12 Agustus 2017. 

Pawai dilakukan dengan berjalan kaki dari  murid TK, SD, SMP. Kemudian jajaran Polisi dan TNI yang menggunakan sepeda motor lalu lintas turut mengawasi kesuksesan Karnaval di Abdya, 

 

Sementara itu, ribuan siswa mengikuti pawai dengan berbagai pakaian adat, dari Aceh hingga Papua. Selain baju adat, para siswa juga mengenakan pakaian menyerupai dokter, tentara, polisi,  Nelayan, petani. 

 

Tradisi tahunan ini menjadi totonan warga Abdya. Ribuan warga memadati lokasi karnaval, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Masyarakat juga tak segan-segan memberi tepuk tangan saat peserta pawai lewat, terutama dengan pakaian-pakaian unik.

 

Insan selaku panitia mengatakan karnaval 17 Agustus. Menurutnya, supaya masyarakat Abdya bisa melihat langsung segala jenis pakaian adat dan budaya yang dipakai oleh peserta karnaval, sehingga masyarakat tahu pakaian adat seluruh Indonesia.

 

Adapun Rute karnaval tahun 2017 ini, lanjut insan, untuk murid TK  mulai dari jalan persada finisnya di mesjid At-Taqwa, SD dari Jalan Persada finisnya di TK Darma Wanita atau di samping Polsek Blangpidie, sedangkan untuk siswa SMP dan SMA  mulai dari Jalan Persada sampai ke terminal Abdya atau jalan Ramli Sakdi. Tutupnya.

 

Turut hadir dalam karnaval ini, Sekretaris Daerah Drs. Thamrin,  Kapolres, AKBP Andi Hermansyah SIK, Kodim 0110 Abdya, Letkol Puji Hartono, Ketua DPRK Abdya  dan sejumlah kepala SKPK lainnya.

 


Category: pendidikan

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32