SEKDA ABDYA MELANTIK 107 KEPALA SEKOLAH
Ditulis oleh cutlem, pada Senin, 23 Juli 2018

Blangpide- Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan mutasi secara besar-besaran untuk jabatan 107 yang  terdiri dari kepala sekolah TK, SD dan SMP jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, yang digelar di Aula Masjid Kompleks Perkantoran Pemkab. Abdya, selasa (23/7/2018), yang dilantik oleh Sekretaris Daerah (Abdya) mewakili Bupati Aceh Barat Daya, Drs. Thamrin

 

Mutasi para Kepala Sekolah tersebut merupakan mutasi perdana dalam pemerintahan Akmal Ibrahim dan Muslizar MT yang dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Abdya pada 14 Agustus 2017 lalu. Mereka dari kepala sekolah yang dimutasi dan guru biasa dipromosi sebagai kepala sekolah, diantaranya 10 Kepala TK, 75 Kepala SD dan 22 Kepala SMP. Sedangkan kepala sekolah yang menjadi guru biasa terdiri dari kepala TK berjumlah 5 orang, kepala SD 49 orang dan kepala SMP 17 orang.

 

Sekda Abdya, Thamrin ketika membaca sambutan mengingatkan kepada para kepala sekolah bahwa kencendrungan  orang tua siswa sekarang ini memilih sekolah berkualitas untuk pendidikan putra - putri mereka, meskipun lokasi jauh dari tempat tinggal. Sekolah umum yang dinilai kurang  berkualitas akan ditinggalkan sehingga mengalami krisis siswa sangat serius.

 

“Kepala sekolah dituntut harus mampu mengelola sekolah yang menjadi tanggungjawabnya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Bila tidak, sekolah yang dipimpin akan ditinggalkan sehingga mengalami krisis siswa,” kata Thamrin.

Kekurangan siswa yang dialami sejumlah sekolah umum salah satu penyebab karena  orang tua murid/siswa semakin selektif memilih sekolah sebagai pendidikan anak-anak mereka.

“Fakta yang kita saksikan sekarang ini bahwa sekolah jauh dari tempat tinggal tapi ramai dipilih orang tua karena dinilai berkualitas,” kata Sekda.

Sementara ada sekolah tertentu dekat dengan kawasan pemukiman warga, tapi  mengalami kekurangan jumlah siswa akibat kurang daya tarik bagi orang tua murid.

 

Terkait hal ini, Sekda Abdya mengajak para kepala sekolah yang baru dilantik agar melihat fakta bahwa banyak madrasah (MI/MTs) yang kelebihan siswa atau melebihi daya tampung.

“Kepala sekolah umum perlu pelajari kenapa pendidikan madrasah berhasil menarik perhatian siswa, padahal dikelola di bawah instansi vertikal (kementerian). Sementara sekolah umum dengan sarana dan prasarana memadai terkesan ditinggalkan,” ujar Thamrin.

Persoalan ini, katanya menjadi tanggungjawab para kepala sekolah yang baru dilantik untuk mengelola sekolah yang dipimpinnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan kepala sekolah tersebut Dandim 0110, Kapolres, pejabat mewakili Kajari, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan  serta Kepala MPD Abdya.

 


Category: pendidikan

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32