PEMKAB ABDYA, ORMAS DAN OKP GALANG DANA KORBAN GEMPA LOMBOK
Ditulis oleh admin, pada Senin, 27 Agustus 2018

BLANGPIDIE- Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama belasan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) yang tergabung dalam Abdya Peduli Lombok (APEL) melakukan penggalangan dana untuk membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (27/08/2018)

 

Afzal SH, selaku Koordinator Senin mengatakan, awal terbentuknya APEL ini, merupakan hasil rapat bersama dengan Wakil Bupati Abdya Muslizar MT di Mushalla Pendopo Wabup setempat pada Minggu kemarin (26/08).

 

Dalam rapat tersebut, Wabup mengundang sejumlah Ormas dan OKP di Abdya untuk bersama-sama melakukan penggalangan dana bantu korban gempa Lombok.

 

“Rencananya, galang dana itu akan berlansung selama dua minggu berturut-turut.

Jika situasinya tidak memungkinkan, maka jadwal dari dua minggu akan dipersingkat menjadi satu minggu.

 

Tergantung kondisi dan situasinya nanti,” kata Afzal kepada wartawan disela melakukan penggalangan dana di Jalan Nasional, depan Lapangan Persada, Blangpidie.

 

Afzal menjelaskan, jika diberi kemudahan. Dana yang sudah terkumpulkan nanti, akan disumbangkan lansung oleh Pemkab Abdya ke Lombok.

 

Apakah itu berbentuk dana atau barang tergantung kondisi yang diperlukan oleh korban gempa di sana.

 

“Bisa juga, akan kita kirimkan relawan, terutama dari medis dan tenaga bangunan.

 

Cuma kita belum bisa memutuskan itu semua, apalagi dana belum terkumpul.

 

Bagaimana mekanismenya, nanti akan disepakati bersama lagi,” ungkap Afzal.

 

Penggalangan dana itu, lanjut Afzal, selain turun ke jalan raya dan pasar, juga akan melakukan penggalangan dana ke sejumlah sekolah, desa-desa dan masjid-masjid di sembilan kecamatan dalam Kabupaten Abdya.

 

“Kalau di sejumlah satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK), itu akan ditangani langsung oleh pak Wabup,” tuturnya.

 

Ketua KNPI Abdya ini juga menyebutkan belasan OKP dan Ormas yang telah sepakat ikut melakukan penggalangan dana itu, diantaranya ada KNPI, SAPMA-PP, HMI, IMM, Kohati, BMI, KMI, OPI, TAGANA Abdya, KoBAR-GB, pendamping PKH, MPD, Baitul Mal, GeMPA, Parasunda, Kompas, PeTA, AL-Muslim, BFLF dan Dewan Dakwah.

 

“Meski proses penggalangan dana sudah berjalan, kita juga masih menunggu penggerakan dari Ormas dan OKP lainnya yang ada di Abdya untuk bergabung membantu saudara-saudara kita di Lombok,” demikian pungkasnya

 


Category: Sosial

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32