WABUP ABDYA BUKA PELATIHAN DEWAN HAKIM TINGKAT KABUPATEN
Ditulis oleh admin, pada Selasa, 28 Agustus 2018

Blangpidie - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya(Abdya) melalui Dinas Syariat Islam (DSI) dan Pendidikan Dayah bidang PSDSI melakukan kegiatan pelatihan dewan hakim tingkat kabupaten, Selasa 28 Agustus 2018 di Aula Setdakab Abdya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar. MT. Turut hadir Kadis DSI, Rajuddin, Kepala MPU Abdya, Tgk.  Muhammad Dahlan, Pelatih dari LPTQ Provinsi Aceh, panitia kegiatan, para guru hakim dan sejumlah unsur terkait lainnya.

Pelaksana kegiatan, Aufa safrijal putra.Lc.MA menjelaskan bahwa dewan hakim yang dilatih pada kegiatan itu berjumlah sebanyak 45 orang berasal dari setiap kecamatan di Abdya, dan berlangsung selama tiga hari.

"Kegiatan ini adalah salah satu persiapan menjelang pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten," kata Aufa.

Nantinya, para peserta pelatihan ini bisa menjadi dewan hakim di kecamatan. Sementara untuk dewan hakim pada MTQ tingkat kabupaten, dari 45 peserta ini akan diseleksi kembali.

"Untuk MTQ kabupaten, mereka akan di seleksi kembali," sebutnya.

Kadis DSI, Rajuddin dalam sambutannya mengharapkan dengan pelatihan yang dilakukan itu dapat melahirkan dewan hakim yang handal dan profesional, sehingga nantinya dapat melahirkan sosok sang juara-juara yang siap mewakili Abdya ke MTQ di luar Abdya.

 

"Sengaja kita melaksanakan pelatihan agar mendapat hasil yang maksimal. Tidak ada tebang pilih, karena hal itu dapat membuat malu kabupaten," kata Rajuddin.

 

Wabup Muslizar. MT dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengerak kegiatan dan diharapnya dengan pelatihan tersebut dapat melahirkan mereka-mereka yang punya kemampuan lebih untuk siap di bawa keajang lebih tinggi lagi membawa nama Abdya.

 

Dihimbau Wabup, menjelang MTQ ditingkat kabupaten ini dilaksanakan peserta dari Gampong (desa) untuk segera memulai persiapan atau seleksi peserta yang nantinya diutus ke MTQ tingkat kabupaten sehingga nanti tidak terkesan asal utus. 

"Ini sudah bisa disampaikan kepada gampong-gampong, untuk mempersiapkan segala sesuatunya," himbaunya.

 

Dikatakan Wabup, Abdya diinginkannya tidak hanya dikenal di sektor ekonominya saja, namun, diinginkannya juga di sejumlah sektor lainnya. Dan untuk mewujudkan hal itu maka perlu kerja sama dan dukungan dari semua elemen termasuk Ustadz.

"Kami melawan dan memerintahkan pihak terkait untuk LGBT terhapus di Abdya. Dalam hal ini tentu Teungku (Ustadz) juga sangat penting," sebutnya.

 

Oleh karenanya, lanjut Wabup, dirinya memohon dukungan dari semua pihak, sehingga pelaksanaan Syariat secara Kaffah di Abdya berjalan sesuai harapan.

"Kami bukan terbaik, tapi kami mohon dukungan untuk lebih baik,"tutupnya.

Adapun yang melatih ke 45 dewan hakim ini didatangkan dari LPTQ Provinsi Aceh sebanyak 5 orang yang membidangi beberapa bidang yakni Tilawah, Qiraah Sab'ah, Tahfith, MMQ dan Khat.


Category: Agama

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32